Kesehatan Jangka Panjang..

Mengkonsumsi makanan sehat hanyalah salah satu bagian dari gaya hidup yang sehat secara keseluruhan dan satu bagian penting lainnya yaitu olahraga. Berolahraga bisa membuat semua sistem dalam tubuh Anda bekerja secara maksimal. Berolahraga dapat memperkuat dan melemaskan otot-otot Anda. Bukan itu saja, berolahraga juga menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol HDL Anda sehingga resiko terjadinya serangan jantung dan stroke pun turut berkurang. Berolahraga juga dapat meredakan stress dan bahkan berolahraga juga bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda karena berolahraga dapat meningkatkan kesehatan serta penampilan Anda.
Olahraga dan Manfaatnya Bagi Jantung
Jantung yang normal dan sehat berdetak sebanyak 100.000 kali dan memompa 2.000 galon darah yang kaya akan oksigen yang mengalir melalui pembuluh darah ke berbagai organ serta jaringan yang terdapat dalam tubuh setiap harinya. Saat Anda berusia 70 tahun, jantung Anda akan berdetak lebih kencang yaitu sebanyak lebih dari 2,5 milyar kali. Berolahraga dapat memperkuat jantung Anda sehingga jantung Anda dapat memompa secara lebih efisien dan mendistribusikan lebih banyak oksigen ke seluruh bagian tubuh Anda.
Berolahraga Bermanfaat Bagi Paru-paru
Olahraga juga menguatkan paru-paru Anda. Fungsi utama dari paru-paru adalah mendistribusikan oksigen dan menghilangkan karbondioksida dari tubuh. Berolahraga secara rutin dapat membantu sistem paru-paru Anda bekerja secara lebih efisien sehingga paru-paru bisa menampung lebih banyak oksigen. Bahkan mereka yang mengalami menderita masalah paru-paru yang sifatnya kronis bisa mendapatkan manfaat dengan melakukan aktifitas fisik secara rutin. Olahraga bisa memperkuat otot serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa mengurangi frekuensi terjadinya sesak nafas yang disebabkan oleh berbagai kondisi paru-paru yang sifatnya kronis.
Jumlah Olahraga yang Cukup
American Heart Association menganjurkan untuk berolahraga ringan paling tidak 150 menit atau melakukan olahraga berat sekitar 75 menit setiap minggunya agar jantung tetap sehat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan olahraga selama 30 menit per hari sebanyak lima kali setiap minggu. Jika kamu baru pertama kali berolahraga atau sudah tidak berolahraga dalam waktu yang lama, Anda bisa memulai dengan melakukan olahraga selama 10 sampai 15 menit per hari sambil terus meningkatkan durasi olahraga Anda sedikit demi sedikit sampai Anda bisa berolahraga 30 per hari sebanyak lima kali setiap minggunya.
Jenis Aktivitas Fisik yang Dilakukan
Tidak ada batasan mengenai aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung Anda kecuali jika Anda memiliki kondisi medis yang membuat Anda kesulitan dalam melakukan olahraga tertentu. Untuk itu, sebelum memulai melakukan suatu jenis olahraga, Anda harus mendapat keterangan mengenai kesehatan tubuh Anda dari seorang dokter. Jika ternyata Anda memiliki penyakit jantung atau kondisi kronis lainnya, dokter Anda bisa merancang program olahraga yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Segala sesuatu yang mengharuskan Anda untuk menggerakkan anggota tubuh Anda dan membakar kalori merupakan olahraga yang baik untuk Anda baik itu berjalan, menaiki tangga, berenang, hiking, menari, bersepeda, memainkan permainan olahraga, maupun mengayuh sepeda yang tidak bisa bergerak. Ada setidaknya 25 pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah, rata-rata hanya butuh 15 menit untuk dilakukan. Pilihlah aktivitas yang bisa Anda nikmati karena Anda akan bisa konsisten melakukan program olahraga tertentu jika Anda menyukai aktivitas dalam program olahraga tersebut. Anda juga bisa membuat aktivitas tersebut lebih menyenangkan dengan mengajak serta meyakinkan teman atau keluarga serta saudara Anda untuk melakukan aktivitas tersebut bersama Anda.


Di Poskan Oleh : ardilycans. blogspot.com

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment